Opini

Orientasi Pendidikan di Tengah Modernisasi

Banera.id Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari generasi kegenerasi (maxmanroe), pendidikan juga merupakan suatu kebutuhan dari manusia itu sendiri untuk mencapai tujuanya sehingga apa yang akan dilakukan  nantinya seimbang dengan kemampuan dam keterampilan yang dim  ilikinya.

Apa tujuan dari pendidikan?

Tujuan pendidikan adalah mencerdaskan dan mengembangkan kemampuan didalam diri peserta didik, karena dengan pengembangan kemampuan ini peserta  didik dapat memiliki ilmu pengetahuan, kreatifitas, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki jiwa bertanggungjawab.

Baca Juga : Transformasi PMKRI: Membentuk Kader Intelektual Populis

Baca Juga : Kepada C.A Antologi Puisi Maxi L Sawung

Hemat saya tujuan pendidikan ialah memberikan dorongan kepada  peserta  didik kearah yang lebih sempurna melalui berbagai tahap pendidikan sesuai kriteria yang ditentukan, pendidikan juga bukan hanya memberi  ilmu pengetahuan namun juga membina mental psikologi, serta kemampuan kreatifitas peserta didik itu sendiri. Dimana dengan orientasi pendidikan itu sendiiri menyiapkan tenaga kerja unggul yang berkualitas dan mampu menghadapi  kemajuan  teknologi yang kian  berkembang pesat dan  canggih.

Di Indonesia  itu sendiri pendidikan terdiri dari beberapa  bagian  seperti  pendidikan  formal, informal, dan nonformal. Pendidikan  formal merupakan  pendidikan yang terstruktur dan memiliki jenjang, pendidikan  nonformal merupakan  jalur  pendidikan  di luar  pendidikan  formal  yang bisa dilaksanakan secara berjenjang dan terstruktur, namun pendidikan nonformal bisa disetarakan dengan  pendidikan formal,sedangkan pendidikan informal ialah pendidikan yang berasal dari  keluarga, yang merupakan  agent  sosialisasi  pertama  bagi  manusia.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button