Opini

Pahlawan Sesungguhnya di Masa Pandemi Covid-19

Penulis | Victorya Prapaskah Putry Cantika

Pahlawan adalah orang yang memiliki rasa optimisme yang tinggi dan berani untuk mengambil keputusan”

Kutipan di atas, saya ambil dari pendapat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, sekaligus sebagai Pejabat Bupati Ngada, yakni Bapak Linus Lusi, ketika menjawab pertanyaan yang diajukan oleh narator PRO 2 RRI Ende tentang apa arti pahlawan menurut perspektif Kadis Pendidikan.
Pendapat Bapak Linus Lusi ini terus membuat saya berpikir tentang betapa hebatnya seorang pahlawan, khususnya guru-guru yang menjadi subjek dalam kegiatan On Air bersama kru PRO 2 RRI Ende.

Baca juga Juli dan Kenangan


Seperti yang kita ketahui bahwa di masa pandemi covid-19 ini, guru-guru sangat kesulitan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban mereka untuk mendidik dan mengajar para siswa. Ada banyak hal yang harus dihindari, pertimbangan-pertimbangan dan kebijakan yang berkaitan dengan peraturan pemerintah untuk belajar dari rumah.

Sudah banyak upaya yang mereka lakukan untuk mengambil berbagai peluang yang dapat dilakukan untuk tetap melaksanakan tugas dan kewajiban mereka sebagai seorang guru, yakni seperti melaksanakan proses KBM online dengan menggunakan handphone, laptop, komputer, dan alat teknologi komunikasi lainnya, serta aplikasi-aplikasi belajar yang mendukung proses pembelajaran itu sendiri.


Mereka tidak pernah lalai dalam tugas dan rutin untuk memeriksa kehadiran siswa, mengirim materi pembelajaran, serta tugas pada akhir pembelajaran dengan harapan materi tersebut sampai kepada para siswa. Dalam arti, siswa benar-benar memahami dan mengerti akan materi yang diberikan.


Jika mengalami persoalan dalam proses KBM Online, guru-guru akan dengan cepat menghubungi siswa yang bermasalah dengan pembelajarannya itu. Ini penting untuk memberi solusi dan juga motivasi-motivasi yang membangun agar kedepannya, permasalahan yang sama tersebut tidak terulang lagi.


Pada titik ini, hemat saya apa yang sudah dilakukan oleh para guru SMAS Katolik Recis sebagaimana yang saya jelaskan di atas, layak untuk memberi label bahwa guru adalah pahlawan.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button