Traveller

Wae Wua Waterfal

Penulis: Tuun Barut
(Pemuda asal Mano, menyukai fotografi dan video)

Sobat traveller masih di rumah saja kan. Barangkali sudah bosan penat dengan keadaan rebahan santuy atau setiap hari kerjaanya cuman scrol timeline seputar berita tentang pandemi Corona. Buat sobat traveller yang kangen dengan pemandangan alam dan pastinya tidak sabar ingin segera menikmati sejuknya alam, sobat traveller Banera.id mempunyai rekomendasi tempat wisata baru buat sobat-sobat traveller. Tempatnya sangat alami dan masih terjaga keindahan alamnya.
Wae Wua Waterfal sebutan gaul ala bule atau tamu mancanegara, orang Manggarai menyebutkan Cunca Wae Wua.
hehehheee.

Lokasinya sangat strategis dekat dengan pemukiman penduduk. Sebut saja namanya kampung Golo Ara, Desa Compang Wesang, Kecamatan Poco Ranaka. Jika ditempuh dari Ruteng diperkirakan 30 menit dan dari kota Borong sekitar 1 jam. Jika sampai di kompleks kecamatan Mano sobat-sobat traveller dapat mencari informasi dengan warga sekitar jalan. Belum adanya papan informasi atau papan penunjuk arah di sekitar lokasi sehingga menjadikan masyarakat sekitar sebagai alternatif. Tetapi, sobat traveller Banera.id tidak perlu kuatir, karena masyarakat pasti memberikan informasi sebaik dan seakurat mungkin bagi tamu. Selanjutnya dari desa Golo Ara bisa berjalan kaki melewati setapak kecil dan perkebunan warga kurang lebih 10 menit. Ketinggian air terjun ini sekitar 5 meter. Buat sobat traveller yang ingin menikmati sensasi suara air terjun yang mengalir dari sela-sela rerumputan liar bisa datang langsung menikmati di sini. Selain sensansi air terjunnya sobat traveller juga bisa merasakan pemandian alam di air pancuran yang biasa digunakan warga untuk mandi.

Jadi, sobat traveller yang mau menikmati keindahan Wae Wua Waterfal datang saja ke Desa Golo Ara, Kecamatan Poco Ranaka. Tidak perlu memikirkan harga tiket karena tempat ini masih sangat alami dan belum ada retribusi masuk, cukup membayarnya dengan menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempatnya dan menghormati masyarakat sekitar. Ditunggu kunjungannya sobat traveller. Salam!

Editor: Edid Teresa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button